loading...

Pernah Mimpi Jatuh Dari Tempat Tinggi? Ini Maksud Dan Tafsiran 10 Mimpi Paling Popular






Mimpi merupakan perkara yang biasa dalam kehidupan kita, namun begitu bagi orang buta mereka juga bermimpi tetapi keadaanya pula berbeza. Hal demikian kerana orang yang buta sejak azali tidak pernah melihat dunia maka mereka tidak dapat membayangkan tentang dunia dalam mimpi mereka. Mimpi orang buta adalah secara secara sentuhan.



Menurut Rasulullah, mimpi terbahagi kepada tiga iaitu mimpi daripada syaitan, mimpi daripada diri sendiri dan mimpi daripada syaitan. Jom kita lihat maksud-maksud di sebalik mimpi yang kita alami.



#1. Mimpi Terperangkap Dalam Cermin





Mimpi ini membawa maksud petanda buruk iaitu akan terjebak dalam masalah atau konflik.



#2. Mimpi Melihat Wajah Hitam





Bermimpi melihat wajah hitam menandakan akan panjang umur.



#3. Mimpi Meninggal Dunia





Bermimpi sudah meninggal dunia bermaksud, sesiapa yang melihat seolah-olah dia mati tanpa didahului sesuatu penyakit dan hal-hal yang menyebabkan kematian, bermaksud umurnya masih panjang.



#4. Mimpi Jatuh Dari Tempat Tinggi





Mimpi yang berkaitan dengan jatuh dari tempat tinggi, mimpi meriba bayi dan mimpi berada di tanah perkuburan atau tempat kotor bermakna kemungkinan anda disihir.



#5. Mimpi Tangan Terbakar





Bermimpi tangan terbakar bermaksud ada orang yang iri hati dengan anda.



#6. Mimpi Melihat Nabi Muhammad SAW





Mimpi bertemu Rasulullah SAW bermaksud anda akan mendapat darjat yang mulia di dunia dan akhirat. Tetapi jika anda berlainan agama maka anda akan memasuki agama Islam.



#7. Mimpi Tidak Mempunyai Mata





Mimpi tidak mempunyai mata bermaksud ajal anda sudah dekat.



#8. Mimpi Wajah Yang Tersenyum





Jika anda bermimpi wajah yang tersenyum iainya bermaksud anda akan mendapat kesenangan dan pasangan baru.



#9. Mimpi Telinga Sendiri Dibalut





Mimpi sebegini bermaksud kepercayaan anda akan disalahgunakan orang.



#10. Mimpi Memotong Rambut Orang Lain





Mimpi ini bermaksud akan mendapat keuntungan daripada kerja orang lain.



Pertama, setan memiliki andil dalam mensuasanakan mimpi kita, sehingga dengan mudah dia membuat bayangan mimpi yang menakutkan bagi manusia, untuk mengganggu pikiran mereka.



Dari Abu Hurairahradhiallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,



الرؤيا ثلاث حديث النفس وتخويف الشيطان وبشرى من الله



“Mimpi itu ada tiga macam: bisikan hati, ditakuti setan, dan kabar gembira dari Allah.” (HR. Bukhari 7017)



Ketika kita selalu mengikuti semua bayangan mimpi yang dibuat setan, bisa jadi ini akan semakin mengundang setan untuk mempermainkan kita dalam mimpi.



Kedua, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu menyarankan agar mimpi buruk itu tidak diceritakan kepada orang lain, atau dilupakan.



Dari Jabir bin Abdillah radhiallahu ‘anhu, bahwa ada seorang Arab badui datang menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan bertanya,



“Ya rasulullah, aku bermimpi kepalaku dipenggal lalu menggelinding kemudian aku berlari kencang mengejarnya”.



Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada penanya,



لاَ تُحَدِّثِ النَّاسَ بِتَلَعُّبِ الشَّيْطَانِ بِكَ فِى مَنَامِكَ



“Jangan kau ceritakan kepada orang lain kelakuan setan yang mempermainkan dirimu di alam mimpi”.



Setelah kejadian itu, aku mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menyampaikan dalam salah satu khutbahnya,



لاَ يُحَدِّثَنَّ أَحَدُكُمْ بِتَلَعُّبِ الشَّيْطَانِ بِهِ فِى مَنَامِهِ



“Jangan sekali-kali kalian menceritakan ulah setan yang mempermainkan diri kalian di  alam mimpi” (HR Muslim 2268).



Dalam riwayat lain, beliau menjamin ketika seseorang melupakan mimpi itu, dan memohon perlindungan dari setan, maka mimpi itu tidak akan berdampak buruk baginya. Beliau bersabda,



وَإِذَا رَأَى مَا يَكْرَهُ فَلْيَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنْ شَرِّهَا، وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ، وَلْيَتْفِلْ ثَلاَثًا، وَلاَ يُحَدِّثْ بِهَا أَحَدًا، فَإِنَّهَا لَنْ تَضُرَّهُ



Apabila kalian mengalami mimpi buruk, hendaknya meludah ke kiri 3 kali, dan memohon perlindungan kepada Allah dari kejahatan setan dan dari dampak buruk mimpi. Kemdian, jangan ceritakan mimpi itu kepada siapapun, maka mimpi itu tidak akan memberikan dampak buruk kepadanya.” (HR. Bukhari 7044, Muslim 2261, dan yang lainnya)



Ketiga, bisa jadi mimpi buruk itu terwujud ketika seseorang berusaha menafsirkannya



Ketika menjelaskan hadis tentang mimpi buruk di atas, An-Nawawi mengatakan,



وأما قوله صلى الله عليه وسلم في الرؤيا المكروهة ولا يحدث بها أحدا فسببه أنه ربما فسرها تفسيرا مكروها على ظاهر صورتها وكان ذلك محتملا فوقعت كذلك بتقدير الله تعالى فإن الرؤيا على رجل طائر ومعناه أنها اذا كانت محتملة وجهين ففسرت بأحدهما وقعت على قرب تلك الصفة



Sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang mimpi buruk, agar tidak diceritakan orang lain, sebabnya adalah: terkadang ada orang menafsirkan mimpi itu dengan tafsir yang buruk sebagaimana yang digambarkan dalam mimpi itu, meskipun masih ada banyak kemungkinkan, kemudian tafsir buruk itu terjadi dengan taqdir Allah ta’ala. Karena mimpi yang dialami seseorang ibarat sesuatu yang terbang. Artinya, ketika mimpi itu memiliki dua kemungkinan makna, kemudian ditafsirkan pada salah satu maknanya, maka maka akan terjadi sesuai yang mendekati sifat tersebut. (Syarh Shahih Muslim, an-Nawawi, 15/18)



Karena itu, bagi anda yang merasa tidak puas dengan jawaban yang kami berikan dengan tambahan link artikel tentang mimpi buruk, bisa saja anda bertanya kepada orang lain. Namun anda perlu ingat,



Ahli takwil mimpi di tempat kita sangat jarang, dan hingga kini kami belum menemukan satu nama tokoh yang layak disebut ahli takwil mimpi. Beberapa acara televisi yang menawarkan takwil mimpi hanya menggunakan kalimat umum dan itupun berdasarkan apa yang nampak dalam mimpi

Bisa jadi ada orang yang sok tahu – meskipun dia diustadzkan – kemudian mentakwil mimpi jamaah yang bertanya kepadanya. Karena dia punya prinsip, malu tidak menjawab jika ditanya.

Bisa jadi takwil mimpi buruk yang disampaikan kemudian diwujudkan oleh Allah. Dan tentu saja, kita tidak berharap keburukan menimpa kita.

Semoga Allah melindungi kita dari permainan setan



Mimpi pada dasarnya adalah gambaran diri sendiri yaitu kesehatan fisik dan mental, serta ingatan terakhir sebelum tidur. Banyak orang terganggu karena mimpi, hingga penasaran dengan artinya. Bagaimana Islam memandang ini?



arti-mimpi-dalam-islam (1)



Untuk hukum menafsirkan mimpi sendiri Islam sebenarnya memperbolehkan, tapi hanya sebatas digunakan sebagai peringatan ataupun kabar gembira, dan tidak dijadikan keyakinan. Apalagi jika menggunakan mimpi sebagai acuan untuk memecahkan masalah.



"Sesungguhnya mimpi dari selain para Nabi secara syara’i tidak boleh dijadikan landasan untuk menghukumi perkara apapun; kecuali setelah ditimbang dengan hukum syariat; apabila diperbolehkan maka bisa diamalkan; bila tidak diperbolehkan maka wajib ditinggalkan dan berpaling darinya. Faidah dari mimpi tersebut hanyalah memberi kabar gembira atau peringatan; adapun menentukan sebuah hukum dengannya maka tidak boleh sama sekali."

(Al-I’tisham 2/78)[/br]



arti-mimpi-dalam-islam (2)



Dan perlu diingat, jika kita mimpi buruk, maka sangat disarankan untuk tidak menceritakannya kepada orang lain. Menceritakan ini sama kaitannya dengan bertanya arti mimpi pada orang lain atau di internet. Karena memang mimpi buruk datangnya dari setan.



"Jangan sekali-kali kalian menceritakan ulah setan yang mempermainkan diri kalian di alam mimpi." (HR Muslim 2268)



Larangan ini ditujukan untuk mencegah hal-hal buruk terjadi. Karena dikhawatirkan jika kita menceritakan mimpi buruk yang dialami, maka hal buruk itu akan menjadi kenyataan.



"Sabda Nabi SAW tentang mimpi buruk, agar tidak diceritakan orang lain, sebabnya adalah: terkadang ada orang menafsirkan mimpi itu dengan tafsir yang buruk sebagaimana yang digambarkan dalam mimpi itu, meskipun masih ada banyak kemungkinkan, kemudian tafsir buruk itu terjadi dengan taqdir Allah ta’ala. Karena mimpi yang dialami seseorang ibarat sesuatu yang terbang. Artinya, ketika mimpi itu memiliki dua kemungkinan makna, kemudian ditafsirkan pada salah satu maknanya, maka maka akan terjadi sesuai yang mendekati sifat tersebut." (Syarh Shahih Muslim, an-Nawawi, 15/18)



Jadi, jika mimpi indah maka berbahagialah. Dan jika mimpi buruk, lupakan saja. Jangan lagi mencari tahu arti mimpi kamu dengan bertanya kepada orang lain. Itu lebih baik.



Wallahu A'lam Bishawab.










loading...

0 Response to "Pernah Mimpi Jatuh Dari Tempat Tinggi? Ini Maksud Dan Tafsiran 10 Mimpi Paling Popular"

Post a Comment

loading...
'));