loading...

Jangan Remehkan Gumpalan Darah Semasa Haid! Perhatikan 4 Ciri-ciri Ini, Kamu Boleh Tahu Apakah Kepingan Darahmu Normal atau Bahaya!






Hai ladies! Pernahkah kamu menemukan kepingan darah saat mengganti pembalutmu saat haid? Ada wanita yang mengabaikannya, ada juga yang takut mengidap penyakit.

Sebenarnya, kepingan darah sangat haid adalah hal yang sangat sering dijumpai, tapi bukan berarti selalu normal! Kali ini, mari kita belajar untuk mengecek sendiri, apakah kepingan darah tersebut normal atau tidak!

Kepingan darah normal atau tidak, bisa diperhatikan 4 ciri-ciri ini:

1. Lihat dari warnanya

normal: Gumpalan darah berasal dari dinding rahim yang meluruh, warnanya akan tampak merah segar atau merah dalam.

tidak normal: Kepingan darah berwarna gelap, menghitam, kemungkinan darah menstruasi telah berada di rahim untuk waktu yang lama sehingga darahnya membeku dan berubah warna menjadi gelap.



2. Lihat dari ukuran

normal: Ukuran yang normal tidak begitu besar, paling hanya sebesar kuku jari kelingking.

tidak normal: Jika kepingan darah lebih besar daripada ukuran ibu jari, bisa jadi ini gejala tumor rahim, sebaiknya segera periksa ke dokter.

3. Dari banyaknya

normal: 1 sampai 2 kepingan darah termasuk normal.

abnormal: Kalau jumlah kepingan darahnya banyak, bisa jadi pertanda rahim dingin, tumor rahim atau trombofilia (darah kental).



4. Ada tidak gejala lainnya

Selain muncul kepingan darah, apabila dibarengi dengan rasa kedinginan, pegal-pegal, volume darah menstruasi meningkat, mungkin hal ini disebabkan oleh penyakit lain, perlu dicek ke dokter ginekologi.

Sering muncul gumpalan darah saat haid?

Jika bukan penyakit serius seperti tumor atau kanker, biasanya gumpalan darah paling sering disebabkan karena rahim yang “dingin”. Jika kamu sering menemukan kepingan darah, kamu harus perhatikan agar tidak mengkonsumsi yang dingin-dingin, keramas atau mandi dengan air dingin saat menstruasi, banyak makan dan minum yang hangat-hangat.



Apabila keadaan ini dibiarkan dalam jangka lama takutnya bisa mengakibatkan:

Penyakit rahim: Rahim menyusut, tidak berkembang secara normal, dinding rahim menipis dan disfungsi lainnya.

Penyakit tuba falopi: Penyumbatan saluran tuba falopi, penempelan, penimbunan gas dan cairan, distorsi, kekakuan, radang, tidak berkembang secara normal, impotensi dan kelainan lainnya.

Penyakit ovarium: Disfungsi ovarium, ovarium menyusut, ketidak suburan, gangguan ovulasi,atau anovulasi, ovulasi tidak teratur, sindrom ovarium polikistik, tidak teraturnya siklus reproduksi, folikel tidak pecah, dan kelainan lainnya.

Kalau kamu punya salah satu dari 4 ciri-ciri di atas, segera periksa ke doktor dan periksa kembali apa saja yang kamu konsumsi saat haid! Mencegah lebih baik daripada mengubati!

Semoga bermanfaat!

Sumber: nocancer








loading...

0 Response to "Jangan Remehkan Gumpalan Darah Semasa Haid! Perhatikan 4 Ciri-ciri Ini, Kamu Boleh Tahu Apakah Kepingan Darahmu Normal atau Bahaya!"

Post a Comment