loading...

Berhati-hati Jika Ada Tanda Ini!Apa Yang Doktor Keluarkan Dari Perut Seorang Lelaki Sungguh Mengejutkan!






SHANGHAI – Minggu lalu, seorang lelaki bernama Zhou Hai, 22, datang ke sebuah hospital di Shanghai mengadu rasa sakit luar biasa di perutnya.

Doktor yang memeriksa lelaki itu mengatakan memang melihat perut lelaki itu sangat besar sehingga ada saksi mengatakan perutnya kelihatan seperti seorang wanita yang sedang hamil.

Doktor juga mengatakan, Zhou Hai kelihatan mengalami masalah untuk bernafas dan tidak henti-henti mengerang kesakitan.

Menurut Zhou kepada doktor, rasa sakit di perutnya mula terasa tiga hari lalu, perutnya jadi bertambah besar dan kini dia tidak berupaya menahan sakit lagi.

Setelah melakukan pemeriksaan, doktor menyatakan Zhou menderita penyakit yang dipanggil megacolon, di mana usus besar seseorang menjadi lebar sehingga mengakibatkan pergerakan usus terhenti.



Doktor turut dimaklumkan bahawa Zhou menderita sembelit atau sukar buang air besar sejak kecil sehingga seumur hidup dan Zhou sangat bergantung kepada ubat pelawas.

Kedua-dua ibu bapa Zhou tidak menganggap masalah ini serius hingga menjadi masalah besar ketika lelaki itu dewasa.

Doktor memutuskan untuk melakukan pembedahan dan selepas tiga jam pembedahan mereka berjaya menyelamatkan nyawa Zhou.

Doktor terpaksa memotong usus besar Zhou sepanjang 76 sentimeter. Dan di dalam perut itu terdapat seberat 13 kilogram najis, jadi tidak hairan mengapa Zhou mengalami rasa sakit yang luar biasa.

Doktor mengatakan penyakit yang dialami Zhou sejak lahir ini disebut sebagai hirschprung yang berlaku apabila hilangnya saraf di usus besar yang membuat organ itu gagal mengecut dengan normal. Hasilnya, najis yang ada di dalam usus tak boleh dikeluarkan secara semula jadi.

Sembelit atau konstipasi ini adalah kelainan pencernaan, dimana terjadi pengerasan tinja sehingga buang air besar menjadi sulit dan menyakitkan. Dengan kata lain sembelit merupakan kebalikan dari diare. Kebanyakan orang biasanya menderita sembelit kadang-kadang saja, serta sembuh dalam waktu yang singkat.

Penyebab sembelit berbeda-beda dan ada beberapa cara untuk mengatasi sembelit. Cara terbaik untuk mengatasi sembelit adalah dengan mengatasi penyebab sembelit tersebut.


Gejala Sembelit

Berikut dibawah ini adalah daftar tanda-tanda umum yang dapat muncul ketika anda mengalami konstipasi:
Jarang buang air besar, atau kurang dari sekali sehari
Sulit buang air besar
Kram otot perut
Perut terasa berat
Sering buang gas atau kentut
Lidah berlendir
Sakit kepala
Kehilangan nafsu makan
Sakit pada paha atau betis
Hipertensi atau tekanan darah tinggi
Mual
Vertigo
Jantung berbebar-debar atau palpitasi
Kantuk


Penyebab Sembelit

Penyebab-penyebab utama sembelit antara lain:
Pola makan yang buruk, kurangnya makanan berserat, serta terlalu banyak makan makanan yang sulit dicerna
Kebiasaan buruk seperti minum minuman keras atau alkohol, merokok, dan kebiasaan tidur tidak teratur
Buang air besar tidak teratur
Kebiasaan menggunakan obat pencahar
Gangguan hormon
Terlalu banyak menggunakan obat penghilang rasa sakit
Penggunaan antidepresan


Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami

Cara terbaik dan sederhana untuk menyembuhkan segala jenis penyakit adalah dengan cara yang alami. Berikut ini beberapa cara alami untuk mengatasi sembelit:
Minum banyak air dan jus segar.
Makan banyak buah-buahan seperti pisang, jambu, dll.
Makan banyak oatmeal.
Olahraga teratur.
Daun wungu, kejibeling, ketepeng cina, lidah buaya, mengkudu, dan temulawak juga dipercaya dapat membantu mengatasi sembelit.
Colon hidroterapi atau enema.


Cara Mengatasi Sembelit Saat Hamil

Sembelit umum terjadi saat hamil atau setelah kehamilan. Ini dapat membuat wanita hamil menjadi sangat tidak nyaman. Cara terbaik untuk mengatasi sembelit saat hamil adalah dengan minum banyak air dan jus. Pola makan yang baik juga perlu diikuti, kandungan serat dalam buah-buahan dan sayur dapat membantu mengatasi sembelit. Jika sembelit tidak hilang juga, ada baiknya dikonsultasikan dengan dokter agar dapat ditangani dengan cepat dan tepat.


Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi dan Anak-Anak

Anak-anak yang menderita sembelit tidak boleh diobati dengan obat sembarangan, jika perlu konsultasikan dengan seorang dokter anak.

Pengobatan sembelit untuk bayi yang berusia kurang dari 2 bulan hanya dapat dilakukan oleh dokter spesialis anak. Anak berusia 2-4 bulan dapat diberikan jus buah-buahan seperti apel, pir, cherry, plum, atau anggur. Anak berusia 4 bulan sampai 1 tahun, dapat diberikan makanan bayi berserat tinggi seperti kacang-kacangan, plum, persik, pir, aprikot, dan bayam. Anak berusia diatas 1 tahun dapat diberikan lebih banyak buah-buahan dan sayur.

Anak harus cukup minum air serta diberikan jus buah-buahan. Untuk anak yang menderita sembelit, ada baiknya menghindari makanan seperti nasi putih, pisang, wortel, tepung putih, dan produk-produk susu. Jika tidak membaik, konsultasikan dengan dokter spesialis anak.


Menggunakan Obat Pencahar untuk Mengatasi Sembelit

Obat pencahar dapat digunakan untuk mengobati sembelit dengan memudahkan buang air besar. Obat pencahar dapat mengobati sembelit dengan sangat cepat.

Tapi penggunaan obat pencahar berlebihan diketahui dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh termasuk saraf, otot, dan jaringan usus. Bukannya menyembuhkan, obat pencahar dapat menyebabkan kehilangan cairan dan elektrolit hingga menyebabkan dehidrasi. Penggunaan obat pencahar yang tidak benar juga dapat menyebabkan ketergantungan terhadap obat pencahar tersebut untuk buang air besar.

Ada banyak cara efektif mengobati sembelit, tapi yang terbaik adalah pengobatan alami dibarengi dengan pola makan dan gaya hidup yang sehat.










loading...

0 Response to "Berhati-hati Jika Ada Tanda Ini!Apa Yang Doktor Keluarkan Dari Perut Seorang Lelaki Sungguh Mengejutkan!"

Post a Comment

loading...
'));